Wednesday, January 24, 2007

SPK Toyota Rush 2.000 Unit Lebih

JAKARTA – Dipacu oleh public launching RUSH di Parkir Timur Senayan (12-14 Jan) serta kegiatan launching regional di berbagai daerah, jumlah SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) Toyota Rush melesat hingga melampaui angka 2.000, dan diperkirakan akan terus bertambah. Hal tersebut turut menjanjikan bahwa grafik animo positif dan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap produk serta pelayanan dari Toyota juga akan terus meningkat pada tahun ini.

RUSH HOURS EVENT yang menjadi salah satu langkah awal penetrasi Toyota Rush ke tengah pasar otomotif nasional dihadiri lebih dari 10.000 pengunjung, di mana perhatian sebagian besar pengunjung tersedot ke arena test drive, selain juga untuk melihat aneka modifikasi Toyota Rush yang dipamerkan. Berbagai jenis konsep modifikasi yang dikenakan pada Rush tersebut menjelaskan bahwa mobil ini sangat mudah untuk didandani demi mengubah sosoknya agar dapat tampil beda sesuai dengan karakter pengendaranya.

“Kami optimis Rush akan mampu mendongkrak angka penjualan TAM tahun ini, dan memperkuat dominasi TAM di segmen Medium SUV pada khususnya, dan pasar otomotif nasional pada umumnya,” ungkap Presiden Direktur PT TAM, Johnny Darmawan.

Sementara itu, prestasi penjualan TAM selama 2006 cukup memuaskan. Dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 38,8% dan penjualan 123.703 unit, tahun 2006 TAM berhasil melampaui target market share yang ditetapkan sebelumnya, yaitu lebih dari 30%. Kendati angka tersebut tak sebesar penjualan tahun 2005, namun penurunan yang dialami TAM pada 2006 lalu relatif lebih kecil, yaitu hanya sebesar 32,3%, sementara pasar otomotif nasional berkurang 40,3%.

“Industri otomotif berharap banyak pada tahun 2007 ini. Dengan dukungan kondisi makro ekonomi yang kian kondusif, semoga pasar sektor riil, khususnya otomotif, akan kembali bergairah,” komentar Johnny Darmawan.

Sedangkan dilihat dari komposisi penjualan TAM sendiri, porsi terbesar masih disumbangkan oleh mobil terlaris di Indonesia, yaitu Avanza yang berhasil terjual hingga 52.260 unit atau 50,6% market share, serta ikon mobil keluarga Indonesia; Kijang Innova yang terjual 38.992 unit dan menguasai 78,3% pangsa pasar Medium MPV. Masih dalam segmen yang sama dengan kedua produk tersebut, yaitu 4x2, di kelas 4x2 High Fortuner 4x2 memimpin pasar di kelasnya dengan angka penjualan 3.472 unit atau 33,3% pangsa pasar. Toyota Yaris yang tahun lalu terjual 9.899 unit, masih sangat potensial untuk berkembang di tahun ini.

Dalam segmen sedan, dengan penjualannya yang meroket sepanjang semester kedua 2006, All New Camry menjadi market leader di kelasnya dengan penguasaan 42,5% pasar medium sedan. All New Camry terjual sebanyak 1.121 unit dan memberikan sumbangan yang berarti bagi TAM di segmen tersebut.